Wednesday, July 21, 2021

Ragam Nutrisi Penting Untuk Memaksimalkan Tumbuh Kembang Janin


Bagi ibu hamil, memaksimalkan tumbuh kembang janin adalah hal yang sangat penting dilakukan. Ya, dengan janin yang bertumbuh secara maksimal, tentu kesehatan janin akan cenderung terjaga dan nantinya ia akan lahir dengan normal tanpa adanya masalah.

Nah, berbincang tentang tumbuh kembang janin, ada beberapa nutrisi penting yang sebaiknya dicukupi. Hanya dengan kecukupan nutrisi yang tepat maka janin bisa tumbuh dengan lebih baik.

Adapun beberapa nutrisi yang sebaiknya dipenuhi untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Minyak ikan

Minyak ikan menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan janin. Nutrisi yang satu ini secara langsung berperan untuk membentuk otak janin lebih baik serta membentuk retina mata.

Dalam hal ini, minyak ikan bisa didapatkan dari beberapa makanan. Adapun makanan yang disarankan untuk pemenuhan jenis nutrisi ini adalah ikan, biji rami ataupun kedelai.

2. Zat besi

Nutrisi lain yang juga sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan adalah zat besi. Manfaat dari nutrisi yang satu ini adalah untuk pembentukan sel darah merah di mana nantinya akan melancarkan penyebaran oksigen pada janin. Dengan oksigen yang cukup, tentu saja nantinya janin bisa tumbuh dengan lebih baik.

3. Kalsium

Bisa dikatakan jika kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat penting perihal perkembangan janin. Hal ini dikarenakan nutrisi yang satu ini bisa memaksimalkan perkembangan tulang, otot serta jantung pada janin.

Tidak hanya itu, dengan kalsium yang cukup, ibu hamil akan bebas dari masalah nyeri di bagian sendi dan punggung. Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, ibu hamil bisa mengonsumsi tablet kalsium, susu tinggi kalsium atau mengonsumsi aneka makanan tinggi kalsium lainnya.

Beberapa nutrisi di atas adalah ragam nutrisi penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin. Selain beberapa nutrisi tersebut, ibu hamil sebaiknya juga memenuhi kebutuhan vitamin D serta vitamin C. Juga, jangan lupa untuk memeriksakan kondisi janin secara teratur agar perkembangan janin bisa dicek.

0 comments:

Post a Comment