Monday, March 22, 2021

Mengenal 6 Gejala Naiknya Asam Lambung


Mungkin banyak dari Anda yang pernah mengalami hal ini tapi belum menyadarinya. Mulut terasa pedas karena ada cairan yang terdorong dari perut ke arah tenggorokan. Bisa jadi itu salah satu tanda asam lambung yang naik.

Asam lambung dapat terjadi ketika makanan atau minuman yang dikonsumsi naik ke kerongkongan. Sehingga hal tersebut tentu saja membuat rasa yang tidak nyaman, karena saluran pencernaan yang mengalami masalah.

Dalam kondisi normal, katup yang merupakan pintu masuk ke perut akan dapat tertutup dan membuat makanan masuk dan dicerna di bagian perut. Akan tetapi apabila mengalami masalah pencernaan, justru makanan akan naik ke kerongkongan.

Asam lambung naik bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, minum obat tertentu, obesitas, dan juga pola hidup yang tidak sehat. Dimana beberapa gejala yang dirasakan ketika mengalami naiknya asam lambung yang bisa dikenali sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat adalah:

1. Heartburn

Gejala pertama yang bisa dikenali dan dirasakan adalah ketika mengalami heartburn. Kondisi ini akan membuat rasa yang tidak nyaman pada bagian ulu hati. Sehingga merupakan salah satu ciri yang paling mudah dikenali dari penyakit ini.

Heartburn sendiri disebabkan oleh saluran pencernaan yang tidak berfungsi secara normal. Sehingga hal tersebut membuat rasa seperti terbakar dan panas yang ada di bagian dada. Apabila tidak ditangani dengan tepat, penderitanya bisa mengalami rasa sakit yang lebih parah.

2. Mulut pahit dan asam

Gejala naiknya asam lambung yang berikutnya juga bisa terjadi adalah mulut yang terasa pahit dan asam. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung yang ke bagian tenggorokan sampai mulut.

Sehingga hal tersebut juga membuat mulut penderitanya merasakan rasa aneh yang biasanya adalah terasa pahit dan asam. Selain merasakan rasa pahit dan asam di mulut, kondisi ini juga akan diikuti dengan rasa panas yang ada di bagian tenggorokan dan mulut. Sehingga akan membuat mulut hingga tenggorokan merasa tidak nyaman.

3. Regurgitasi

Gejala selanjutnya apabila mengalami kondisi asam lambung yang naik adalah regurgitasi. Kondisi ini adalah perasaan ketika cairan, makanan, ataupun asam lambung yang dapat naik dan bergerak ke bagian atas kerongkongan.

Seperti yang telah disebutkan, asam lambung akan membuat makanan dan minuman dapat naik kembali. Dimana hal tersebut merupakan hal yang tidak normal karena seharusnya turun ke perut setelah mengkonsumsi makanan atau minuman.

Apabila mengalami regurgitasi ini juga akan membuat penderitanya bisa muntah. Sehingga juga akan membuat perasaan yang tidak nyaman dan mengganggu.

4. Dispepsia

Gejala lainnya yang dapat dikenali ketika asam lambung yang naik adalah ketika mengalami dispepsia. Gejala ini adalah masalah pencernaan yang dapat terjadi sehingga membuat perasaan tidak nyaman di bagian atas dan tengah perut. Dispepsia ini akan menyebabkan beberapa kondisi lainnya seperti merasakan mual, begah, mulas, sakit perut, sering bersendawa, hingga dapat muntah.

5. Sakit tenggorokan

Gejala naiknya asam lambung yang paling mudah dikenali adalah mengalami sakit tenggorokan. Dimana hal ini bisa disebabkan karena naiknya asam lambung sehingga membuat iritasi di bagian tenggorokan.

Apabila mengalami hal ini akan membuat beberapa masalah pada bagian tenggorokan. Mulai dari radang tenggorokan, suara serak, hingga merasakan adanya benjolan yang ada di bagian tenggorokan.

6. Batuk kering

Gejala naiknya asam lambung terakhir yang bisa dirasakan adalah ketika mengalami batuk kering. Batuk sendiri merupakan penyakit yang umum diderita dan bisa menandakan beberapa penyakit yang diderita. Akan tetapi bagi yang mengalami batuk kering yang terus berlangsung dan juga disertai dengan gejala lainnya. Maka sebaiknya periksa ke dokter dengan segera.

0 comments:

Post a Comment