Thursday, March 18, 2021

Demi Keamanan Anda, Ketahui Kriteria Pemilihan Kredit KTA Online yang Aman Berikut!


Banyak alasan yang membuat produk pinjaman keuangan secara online khususnya adalah kredit KTA banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Meskipun pada dasarnya cukup banyak yang juga sadar bahwa beberapa diantara lembaganya tidak aman, diantaranya adalah dari segi kemudahan. Masyarakat memang diberikan fasilitas yang jauh lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman secara online tanpa menyertakan adanya barang jaminan dalam bentuk apapun. Bahkan dari segi nominal yang ditawarkan juga tergolong cukup besar.

Hanya saja tidak sedikit kasus terkait dengan pinjol ini yang sudah dirasakan oleh masyarakat, sebut saja diantaranya adalah mereka yang merasa dirugikan karena suku bunga yang diberikan begitu tinggi, bahkan tidak masuk akal, disertai dengan adanya teror dari pihak debtcollector. Hingga terkadang ada beberapa orang yang disalahgunakan datanya oleh pihak pemberi pinjaman tersebut. Namun tentunya tidak semua debitur merasakan hal tersebut.

Sebenarnya tinggal pintar-pintar diri sendiri saja di dalam memilih manakah lembaga pemberi kredit KTA online yang benar-benar aman dan juga tidak. Berikut ini diantaranya kriteria penting yang agaknya harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Pilihlah lembaga yang sudah terdaftar dalam OJK, lembaga yang terpercaya pastinya sudah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan, karena jika sudah menjadi bagian dari OJK ini maka produknya dapat dikatakan sehat, mulai dari nilai suku bunga yang ditawarkan dan juga sejenisnya, sehingga tidak akan terlalu membebani debiturnya.
  2. Hendaknya memiliki kantor resmi dan juga nomor yang dapat dihubungi, ini juga jadi bagian yang sangat penting untuk dicek, apakah alamat yang tertera di situs tersebut benar-benar ada atau tidak, begitu juga dengan nomor teleponnya, sehingga kelak jika terjadi sesuatu maka nasabah bisa langsung datang ke kantornya untuk menyelesaikan perkara.
  3. Menawarkan suku bunga yang masuk akal, sudah bukan rahasia lagi jika seandainya semua produk keuangan pasti akan menyertakan adanya suku bunga di dalam setiap produknya, hanya saja ada kalanya beberapa lembaga yang sudah tidak masuk akal nilai suku bunga yang diberikan, bahkan lebih dari 50 persen dari total pinjaman, ini tentunya akan sangat membebani debitur, sehingga semudah apapun syarat pengambilan kreditnya hendaknya tidak perlu dilakukan demi keamanan Anda.
  4. Perhatikan juga ketentuan terkait dengan pelunasan hutang tersebut, apakah harus dibayar dengan sistem angsuran atau pembayaran sekaligus, ini juga sangat mempengaruhi kemudahan bagi debitur. Hendaknya cari yang paling aman yaitu dapat dibayar dengan sistem cicilan dengan tenor juga relatif panjang, sehingga tidak terlalu memberatkan Anda kedepannya. Karena sering kali pinjol memberikan sistem pengembalian atau pelunasan yaitu secara langsung tunai, sehingga banyak yang tidak sanggup melunasi tepat waktu dan berakhir pada denda yang besar nilainya.
  5. Cek juga kemungkinan biaya tambahan yang akan dikenakan pada debitur, seperti diantaranya adalah denda jika seandainya tidak bisa membayar tepat waktu, ini sangat penting diperhatikan, karena takutnya nominal biaya tambahan yang dikenakan juga tidak masuk akal, jadi akan mencekik debiturnya.

Mudah bukan, ini jadi pertimbangan yang sangat penting untuk keamanan Anda sendiri, jangan asal tergiur kemudahan pengajuan pinjaman online 24 jam dan juga pencairannya yang cepat, namun pertimbangkan juga masa depan keuangan Anda saat mendapatkan kredit KTA tersebut. Sebenarnya untuk debitur yang cerdas akan lebih mengutamakan ambil pinjaman dari lembaga yang jelas seperti diantaranya adalah bank.

0 comments:

Post a Comment