Friday, February 12, 2021

Kiat Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi


Kalau ada satu hal yang kita sadari bersama sejak pandemi COVID-19, barangkali jawabannya adalah hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Ya, siapa yang menyangka bahwa di tahun 2020 kehidupan kita berubah drastis seperti sekarang? Meski sudah punya asuransi Allianz syariah yang akan lindungi diri dari risiko di kemudian hari, perubahan masif ini tetap buat sejumlah orang kewalahan, khawatir, bingung, stres, ataupun cemas. Untuk itu, kiat menjaga kesehatan mental di masa pandemi berikut menjadi penting diketahui banyak orang.

1. Jaga jarak fisik, bukan sosial. 

Di awal masa pandemi, kita semua diminta untuk jaga jarak sosial atau social distancing untuk mengurangi penularan virus ini. Namun, aturan ini diubah seiring dengan kian tinggi dan meluasnya area paparan virus. WHO dan lembaga kesehatan lain kemudian meminta siapa pun untuk menjaga jarak fisik dari orang lain, bukannya jaga jarak sosial. Pasalnya, di masa seperti ini, terhubung secara sosial dengan rekan atau kerabat kamu penting untuk kesehatan mental kamu. Pereratlah komunikasi dengan orang-orang terdekatmu agar masa-masa berat ini terasa lebih ringan.

2. Cari informasi dari sumber yang kredibel. 

Persebaran berita terbaru di media sosial sangatlah cepat. Akan tetapi, kamu harus kritis dan cerdas ketika mencerna berita-berita tersebut. Sebab, tak jarang kabar terbaru yang beredar di media sosial justru tidak valid atau hoax. Untuk itu, carilah informasi dari sumber-sumber yang tepercaya saja agar hari-harimu tidak penuh dengan berita tak benar. Menurut laman The Family Centre, tahu fakta yang benar soal COVID-19 serta tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk tetap aman dan sehat dapat mengurangi kecemasan dalam dirimu.

3. Jaga kesehatan fisik. 

Kamu mungkin kurang suka berolahraga. Akan tetapi, situasi tak menentu seperti ini harus dilewati dengan raga dan jiwa yang sehat. Oleh sebab itu, cobalah—dan biasakanlah—untuk berolahraga secara rutin. Kamu tak perlu berolahraga yang berat-berat seperti angkat beban atau gerak tubuh lain seperti di gym. Namun, cukup jogging atau jalan-jalan selama 10-30 menit di sekitaran rumah. Aktivitas fisik seperti ini bisa meningkatkan mood serta kesehatan kamu, juga mengurangi stres dan kecemasan.

4. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat. 

Barangkali kamu tak lagi asing dengan pesan satu ini. Ya, salah satu cara menangkal paparana virus adalah punya tubuh yang sehat. Untuk itu, sepatutnya kamu membiasakan diri untuk makan dan minum yang sehat-sehat saja. Kamu bisa perbanyak asupan sayur, buah, serta lauk kaya nutrisi seperti protein, dan air mineral. Selain itu, kurangi juga minum minuman bersoda, kopi, dan alkohol.

5. Tidur yang cukup. 

Tidur yang cukup sudah terbukti dapat meningkatkan mood dan kesehatan kita. Maka dari itu, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Dengan membuat siklus tidur yang serupa ini, kamu bisa memiliki kesehatan mental yang lebih stabil. Tips tidur lebih cepat: matikan ponsel atau televisi sebelum bersiap tidur.

Demikianlah ulasan tentang kiat-kita menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Walau informasi di atas cukup bermanfaat buat kamu, jangan halangi diri untuk menghubungi dokter atau pihak profesional jika kamu merasa kesulitan, ya. Semoga kita semua sehat selalu!

0 comments:

Post a Comment