Saturday, September 5, 2020

Mengapa Memakai Kamera Mirrorless Buat yang Hobi Fotografi


Buat yang hobi fotografi, tapi bujet minim, bisa banget membeli kamera mirrorless murah untuk perlengkapanmu. Kata-kata murah sih memang relatif, tapi kalau untuk sebuah kamera mirrorless ukuran murah itu dimulai dari Rp 3 juta sampai 7 jutaan. 

Tapi bukan berarti kamu gak bisa beli kamera mirrorless 2 jutaan lho. Kalau nyari yang bekas-bekas aja sih masih banyak. 

Mirrorless belakangan ini memang lagi hits banget, bahkan menggeser dominasi DSLR. Dulu kayaknya semua orang wajib punya DSLR untuk memfoto momen bersama keluarga atau teman. Tapi kini, kebanyakan sudah beralih ke mirrorless. 

Memang apa sih keunggulan kamera mirrorless dan apa saja kamera mirrorless murah yang bisa dibawa pulang? 

Apa itu kamera mirrorless? 

Sesuai dengan namanya, mirrorless, artinya, kamera ini tidak memiliki kaca atau cermin refleks. Cermin ini kalau di DSLR gunanya untuk memantulkan cahaya ke jendela bidik atau istilahnya viewfinder. Kenapa di mirrorless tidak ada? 

Sebagai pengganti cermin, mereka menggunakan jendela bidik elektronik. Dengan teknologi ini, sensor pencitraannya bisa terkena cahaya setiap saat. Kelebihannya, hasil foto bakal sama persis dengan apa yang kamu lihat di layar LCD. 

Sementara di kamera DSLR masih sering dijumpai perbedaan antara hasil jepretan dengan apa yang dilihat di layar. Misalnya hasilnya agak gelap, atau justru terlalu terang. 

Tapi, teknologi jendela bidik elektronik di mirrorless justru membuat daya tahan baterai cepat habis, karena sensor dan jendela bidiknya terus menyala. 

Mau kamera mirrorless murah atau mahal, sama-sama memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan DSLR. 

1. Ukurannya bodinya lebih kecil 

Karena mirrorless tidak memiliki cermin optik, ini membuat ukuran bodi bisa diminimalisir. Itu sebabnya mengapa ukuran mirrorless lebih kecil, ramping, dan sedikit ringan. 

Tapi kalau lensa, beberapa ada yang ukurannya sama dengan lensa DSLR. 

2. Hasil jepretannya bisa lebih bagus 

Teknologi jendela bidik elektronik atau Electronic Viewfinder yang disematkan di kamera mirrorless membuat hasil jepretan lebih berkualitas. Berbeda dengan DSLR yang masih menggunakan cermin optik, yang memiliki kelemahan kualitas gambar berbeda dengan yang dilihat di layar. 

3. Kecepatan fokus otomatis 

Teknologi jendela bidik elektronik ini telah berhasil memberikan performa yang apik terhadap sistem pemotretan dengan fokus otomatis. Perbandingan kualitas fokus otomatis antara DSLR dan mirrorless bisa kamu rasakan bila mengambil gambar di tempat gelap. 

4. Hasil videonya lebih bagus

Dari segi pengambilan video, mirrorless sedikit lebih unggul. Sebab, rata-rata mirrorless sudah bisa merekam video HD bahkan 4K. Coba saja kamu perhatikan rata-rata vlogger terkenal menggunakan mirrorless. 

5. Desainnya minimalis 

Selain bobotnya, desain mirrorless juga lebih minimalis ketimbang DSLR. Beberapa bahkan ada yang mengadaptasi desain kamera lawas, seperti yang dilakukan oleh kamera mirrorless Fujifilm. 

Kelemahan mirrorless 

Meski banyak keunggulannya, ada pula kelemahan dari kamera mirrorless. (Pixabay)

1. Daya tahan baterainya boros 

Daya tahan baterai kamera mirrorless ternyata lebih boros ketimbang DSLR. Perbandingannya, baterai DSLR bisa habis setelah mengambil 600-800 foto secara rata-rata, tapi kalau mirrorless bisa habis hanya dalam 300-400 jepretan saja. 

2. Bagi beberapa orang bentuk mirrorless tidak pas digenggaman 

Bentuk mirrorless yang kecil ternyata menyulitkan bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang bertangan besar. Membawa kamera kecil terlalu lama bisa membuat tangan keram dan berkeringat. 

3. Lensanya eksklusif 

Ada banyak pilihan lensa di kamera mirrorless, tapi sayangnya gak bisa sembarangan. Misalnya untuk kamera merek Sony, maka kamu hanya bisa menggunakan lensa keluaran Sony.

Bisa saja pakai lensa merek lain, tapi kamu harus membeli sambungannya lagi atau yang dikenal dengan nama mount.

0 comments:

Post a Comment