Friday, April 24, 2020

7 Tips Mengambil Kredit Mobil Bekas Murah


Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan mobil tapi dananya terbatas. Bahkan Anda juga bisa mengambil kredit untuk pembelian mobil bekas sehingga akan lebih menghemat biaya. Berikut adalah 7 tips mengambil kredit mobil bekas murah yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih Jenis Mobil yang Tepat

Jenis mobil yang akan dibeli tentu saja sangat berpengaruh pada biaya yang harus Anda keluarkan. Pilih jenis mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan memaksakan membeli mobil di luar kemampuan dan kebutuhan karena akan membuat biaya yang dikeluarkan semakin besar.

2. Sesuaikan Usia Mobil

Anda tidak harus membeli mobil keluaran baru. Mobil yang usianya sudah tua pun jika masih berfungsi dengan baik bisa dipertimbangkan. Pilih mobil keluaran tahun yang tidak terlalu muda agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Namun, pastikan kondisi mobil masih bagus dan dapat digunakan dengan baik.

3. Siapkan Uang Muka dengan Maksimal

Tips kredit mobil bekas murah berikutnya adalah memaksimalkan nilai uang muka. Anda bisa mengusahakan membayar uang muka dengan jumlah yang besar. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin ringan pula angsuran yang harus dibayar setiap bulan.

Namun kembali lagi pada kemampuan masing-masing orang. Jika dirasa terlalu berat menyediakan uang muka dalam jumlah besar, maka tidak masalah. Anda bisa mengakalinya melalui pemilihan jenis mobil yang harganya lebih terjangkau.

4. Pilih yang Bunga Rendah

Jika ingin angsuran Anda ringan, maka pilihlah program angsuran dengan nilai bunga yang rendah. Sebelum mengambil kredit, tentu Anda akan melakukan survei terlebih dahulu. Pilihlah tempat yang menawarkan nilai bunga ringan. Semakin rendah bunga yang ditawarkan maka akan semakin ringan pula angsuran yang harus Anda bayar.

Jika sudah mengetahui berapa nilai bunganya, coba Anda buat simulasi dengan menghitung besarnya angsuran tiap bulan. Anda bisa mendapat gambaran berapa uang yang harus dikeluarkan untuk melunasi kredit mobil tersebut.

5. Sesuaikan Tenor

Anda juga harus menyesuaikan tenor atau jangka waktu pembayaran kredit. Jika ingin mendapat kredit yang murah, lebih disarankan untuk mengambil tenor yang pendek atau tidak terlalu panjang. Semakin pendek tenornya maka akan semakin ringan biaya total yang harus dikeluarkan.

Namun, perlu diketahui bahwa semakin pendek tenor maka angsuran tiap bulan yang harus dibayarkan akan semakin besar. Kembali lagi sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar angsuran setiap bulannya.

6. Lakukan Negosiasi

Usahakan untuk mendapat harga serendah mungkin dengan melakukan negosiasi. Anda bisa mencoba menawar harga karena produk yang Anda beli adalah produk bekas. Sangat memungkinkan bagi Anda untuk menawar harga yang lebih murah. Namun, tetap ingat bahwa Anda harus melakukan negosiasi secara rasional.

7. Buat Perbandingan

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit, buatlah perbandingan terlebih dahulu. Bandingkan biaya yang harus dikeluarkan jika Anda mengambil kredit di satu tempat dengan tempat yang lain. Pastikan Anda mendapat kredit dengan harga yang paling menguntungkan. 

Jangan ragu untuk bertanya ke banyak tempat. Memang dibutuhkan usaha demi mendapatkan fasilitas kredit yang paling sesuai dan paling menguntungkan. Jadi, jangan ragu mengumpulkan beberapa referensi supaya bisa mengambil kredit dengan biaya paling ringan.

Itulah tadi 7 tips mengambil kredit mobil bekas atau kunjungi situs https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor/. Pastikan Anda juga memeriksa dengan benar kondisi mobil yang akan dibeli. Jangan hanya fokus pada biaya namun pertimbangkan juga kondisi mobil. Apalagi mobil yang akan dibeli adalah mobil bekas, jadi harus benar-benar diperhatikan kondisinya.

0 comments:

Post a Comment